@thesis{thesis, author={ }, title ={MENINGKATKAN OTONOMI SISWA MELALUI JURNAL MENDENGAR DI DALAM KELAS MENDENGAR}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MzhiOWU0MDAtZGNhNi0xMWVhLWE1NzctNGIzZGVlOTBjNDVm}, abstract={Autonomi siswa telah dipandang sebagai tujuan dalampembelajaran bahasa asing karena menekankan pada peran siswa dalam pembelajaranmereka sendiri. Dalam pembelajaran listening, guru mengalami kesulitan dalammemberikan siswa kesempatan untuk berlatih. Dalam studi ini, implementasijurnal mendengar untuk meningkatkan autonomi siswa dalam kelas mendengar akandifokuskan dengan tujuan (1) mempelajari bagaimana pengajar mengimplementasikanjurnal mendengar untuk meningkatkan autonomi siswa dan (2) mempelajari bagaimanaimplementasi jurnal mendengar meningkatkan autonomi siswa. Studi ini akanmempelajari implementasi tersebut di dalam kelas Listening for General Communication kelas A pada sebuah universitasnegeri di Surabaya. Terdapat 24 siswa dan 6 siswa akan difokuskan sebagaisubyek yang diambil berdasarkan nilai kelas mendengar sebelumnya. Penelitimelakukan observasi sebanyak empat kali untuk mengumpulkan data mengenaibagaimana dosen mengenalkan dan memantau penerapan dari jurnal mendengar, danpembelajaran mandiri oleh siswa. Selain itu, hasil dari wawancara dan analisisjurnal mendengar menunjukkan bahwa siswa mendapatkan keuntungan darimengerjakan jurnal mendengar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwapengajar mengenalkan jurnal mendengar secara umum serta memantau pekerjaansiswa selama beberapa kali. Selain itu, siswa dapat mengidentifikasikankelemahan dan strategi mereka, serta memantau pembelajaran mereka untukmeningkatankan keterampilan tersebut.Kata Kunci: autonomi siswa, jurnal mendengar, kelas mendengar.} }