@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP BERBANTUAN LKS MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKANPEMAHAMAN SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/M2I5NjcxYjAtZWEyZS0xMWViLTk2OWYtNGY1OTlhYWQ2MGU2}, abstract={Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran konsepberbantuan LKS Model Mind Mappinguntuk meningkatkan pemahaman siswa SMP pada materi getaran dan gelombang.Desain penelitian menggunakan one grouppretest-posttest design. Pengambilan data dilakukan di SMPN 3 Sidoarjo yangdiambil dari dua kelas yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelasVIII-D sebagai kelas replikasi di mana masing-masing kelas terdapat 25 siswa.Hasil penelitian ini berupa peningkatan pemahaman konsep siswa dan respon siswaterkait pembelajaran yang diterapkan. Hasil tingkat pemahaman konsep siswatentang getaran dan gelombang diuji dengan N-Gaindarinilai pretest-posttest dan didapatkan hasil lebihdari setengah siswa pada masing masing kelas berada pada kategori tinggi yaitudengan skala () > 0,7. Nilai tersebut menunjukkan bahwa tingkatpemahaman siswa mengalami peningkatan. Respon siswa terhadap proses pembelajaran dapat dilihat dari rekapitulasiangket yang diisi oleh siswasetelah mengikuti pembelajaran hingga akhir. Hasil rekapitulasimenunjukkan tanggapan yang positif dan semua indikator keberhasilan prosespembelajaran berada pada kategori sangat baik. Siswa juga menuliskan beberapa komentar yangpositif mengenai model pembelajaran yang diterapkan sehingga lebih mudah untukmemahami materi dengan model pembeljaran tersebut. Simpulan yang dapat diambiladalah model pembelajaran konsep berbantuan LKS Model Mind Mapping pada materi getaran dan gelombang dapat meningkatkanpemahaman konsep siswa SMPKata Kunci : ModelPembelajaran Konsep; Pemahaman Konsep; Mind Mapping; Getaran; Gelombang.} }