@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 4 SIDOARJO}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/M2U3NDE2YzAtOGU0MC0xMWU5LTg3YmItMmQ0N2M0NGM1OTRk}, abstract={Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiriterbimbing, aktivitas siswa, keterampilan berpikir analisis siswa pada materikesetimbangan kimia dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Subjekpada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo denganjumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitasketerlaksanaan model pembelejaran inkuiri terbimbing pada dua kali pertemuandari fase 1 hingga fase 5 pada pertemuan I beruturut-turut sebesar 3,6; 3,5;3,6; 3,8; 3,9 dan pada pertemuan II beruturut-turut sebesar 3,8; 4; 3,9; 3,8;3,9 atau berada pada kriteria sangat baik. 2) Presentase waktu aktivitas siswapada dua kali pertemuan untuk aktivitas menganalisis pada pertemuan I dan IIberturut-turut sebesar 61,48% dan 38,5%. 3) Keterampilan analisis siswa secarakeseluruhan memiliki persentase sebesar 94% memperoleh nilai tuntas denganpersentase N-gain pada kriteria tinggi dan rendah berturut-turut sebesar 94% dan6%. 4) Respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbingmendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase respon positif sebesar96,96%.Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, KeterampilanBerpikir Analisis, Kesetimbangan Kimia} }