@thesis{thesis, author={ }, title ={MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/NDIxM2FhOTAtMDQwNy0xMWVkLWFlMDAtNzVhYjdjNWE3MmJj}, abstract={Penelitian dilaksanakan bertujuan agar mengetahui kevalidan, kelayakan, serta pengaruh media pembelajaran e-book pada proses pembelajarandalam upaya melatihkan keterampilanberpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang dipakai ialah jenis penelitian kuantitatif. Pelaksanaan penelitian melalui pemberian pretestkemudian diberi perlakuanlalu dilakukan posttest.Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA 2 SMA NU 1 Gresik.Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji validitas,uji reliabilitas cornbach alpha, dan uji t. Hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-book berbasis flipbookmemiliki nilai rerata validasi sebesar 85,066 %yang dikategorikan sangat valid. Media pembelajaran memiliki nilai kelayakan sebesar85,067 % termasuk dalam kategorisangat layak. Kuesioner dikategorikan valid karena nilai rhitung > rtabel dan dikategorikan reliabilitas karena memiliki nilai alpha sebesar0,869. Melalui uji t mendapatkan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikandalam pemberian perlakuan.Kata kunci: media pembelajaran, e-book, flipbook, kemampuan berpikirkritis.} }