@thesis{thesis, author={ }, title ={PEMANFAATANRUMAH BELAJAR LABORATORIUM MAYA UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMP PADAMATERI HUKUM ARHIMEDES DI MASA PANDEMI}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/NDQxNjkxYjAtZGVmNy0xMWViLTkzZTMtMDVhZjVhM2MyZGFi}, abstract={Penelitian ini bertujuan untukmemanfaatkan Rumah Belajar laboratorium maya untuk meremediasi jumlahmiskonsepsi yang dilakukan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Bojonegorotentang materi hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan adalaheksperimen dengan rancangan One GroupPre-test Post-test dengan 23 siswa dalam satu kelas eksperimen. Sarana dalam pengumpulan data berupasoal pilihan ganda dua tingkat atau TTMC (TwoTier Multiple Choice). Hasil analisis data menunjukkan penurunan denganrata-rata miskonsepsi siswa sebesar 43,04%. Hasil perhitungan dengan UjiMcNemar menunjukkan nilai 7,12 dari 2 yang dihitung pada semuaindikator, kemudian hasil 2 hitung > 2 tabel,sehingga secara umum terdapatperubahan konseptual yang signifikan pada semua indikator besar effect size diperoleh nilai 2,32(berkategori tinggi). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagaialternatif tindakan remediasi untuk mengoreksi kesalahpahaman yang dialami siswa. Kata Kunci: laboratorium maya, rumahbelajar, miskonsepsi, hukum Archimedes.} }