@thesis{thesis, author={ }, title ={MEDIAPEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERIKEBIJAKAN EKONOMI}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/NDhhYWViNzAtYzFiMi0xMWVhLThmYWQtZjk2Njk4YWVjMTQw}, abstract={Dilatarbelakangikurangnya pemahaman peserta didik tentang materi kebijakan moneter dan fiskal,penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaranyang diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut. Media pembelajaran yangdikembangkan menggunakan pendekatan mind mapping dan berbasis web. Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Developmentdengan model pengembangan 4D (Define, Design,Development,& Dessiminate).Uji coba produk dilakukan secara terbatas pada 20 peserta didik denganmenganalisis hasil pre-test dan post-test yang dihitung dengan menggunakan gainscore dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran mind mappingberbasis web dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Karena denganmenggunakan media pembelajaran ini proses mental aktif setiap peserta didikmenjadi terangsang, materi disediakan secara ringkas sehingga mudah diingat. Dengan demikian, mediapembelajaran mind mapping berbasis web pada mata pelajaran ekonomi dapatdinyatakan layak untuk digunakan dalam matapelajaran ekonomi serta siapdiujicobakan di kalangan yang lebih luas lagi.Kata kunci: Mind Mapping, MediaPembelajaran, Pemahaman, Ekonomi.} }