@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGARUH PERMAINAN SIRKUIT CERDAS SPONTANITAS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN SOSIAL ANAK KELOMPOK A DI KECAMATAN WIYUNG SURABAYA}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/NGE5NjgzOTAtZTc0Zi0xMWVhLTlmNzAtZDkwZjE5NWU0YTk4}, abstract={ABSTRAK Indrawati, Sus.2019. PengaruhPermainan Sirkuit Cerdas Spontanitas terhadap Perkembangan Motorik Kasar danSosial Anak Kelompok A di Kecamatan Wiyung Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, KonsentrasiPendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (I) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M. Pd., dan (II) Dr. Andi Mariono, M. Pd. Kata Kunci: Permainan Sirkuit, Motorik Kasar,Sosial Emosional Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan sirkuit Cerdas Spontanitasterhadap perkembangan motorik kasar dan sosial anak kelompok A di kecamatanWiyung Surabaya. Penelitian ini selain berdasarkan permasalahan yang terjadipada anak kelompok A di Kecamatan Wiyung Surabaya, juga didasarkan pada inovasidalam pembelajaran yang di lakukan di Taman Kanak-Kanak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitianeksperimen. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswayang ada di dua sekolah yang masuk dalam wilayah kecamatan Wiyung yakni TK ATTaqwa dan TK Taman Ananda dengan karakteristik yang hampir sama. Sampling dalampenelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga sampel yangdigunakan dalam penelitian ini adalah siswa A1 dan A2 di TK At Taqwa dan A1 danA2 di TK Taman Ananda. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan adalah Pretest dan Posttest yang berfungsiuntuk mengetahui adanya pengaruh permainan sirkuit cerdas spontanitas terhadapperkembangan motorik kasar dan sosial anak kelompok A.Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh permainansirkuit cerdas spontanitas terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok Adi kecamatan Wiyung Surabaya, (2) ada pengaruh permainan terhadap perkembangansosial anak kelompok A di kecamatan Wiyung Surabaya, hasilnya diperoleh thitung > ttabel dengan taraf nyata 5% sehingga 9,2 > 0,5dengan perbedaan rata rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata ratakelas eksperimen sebesar 21,4 dan rata rata kelas kontrol sebesar 13,2.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuitCerdas Spontanitas berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar anakkelompok A dan permainan sirkuit Cerdas Spontanitas berpengaruh terhadapperkembangan sosial anak kelompok A di Kecamatan Wiyung Surabaya. } }