@thesis{thesis, author={ }, title ={Profil Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mengajukan dan Memecahkan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/NGQxMWI0NzAtODNlMS0xMWVjLWI3MWUtYTNiMTFmYzliN2Ey}, abstract={ABSTRAK Ferdiani, RositaDwi.2022. Profil Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mengajukandan Memecahkan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar. Disertasi. Program StudiPendidikanMatematika, Pascasarjana Univesitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Manuharawati,M.Si dan (II) Dr. Siti Khabibah, M.Pd. Kata Kunci:ProsesBerpikirKreatif, Mengajukandan Memecahkan Masalah, Gayabelajar Kesuksesan dalam menghadapi masalah berawal dari berpikir kreatif. Berpikir kreatif adalah berpikiruntuk menemukan banyak kemungkinan jawabanterhadapsuatu masalah, yangmencerminkan kelancaran, keluwesan, orisinal untuk menghasilkan ide, pertanyaan, danhipotesis. Sedangkan proses berpikir kreatif merupakan suatu tahapan berpikir kreatif yang melalui tahapan: 1) mensintesis ide. 2) Membangun ide. 3) Merencanakan penerapan ide. 4)Menerapkan ide. Tetapi kenyataan di lapangan, kemampuan berpikirkreatif siswa tergolongrendah. Sedangkan berdasarkan penelitian awal yangdilakukan pada 8 mahasiswa prodi pendidikan matematika angkatan 2017, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang didapatkan hasil bahwamahasiswa bergaya belajar aktivis (1) memenuhi TKBK 4 dan mahasiswa bergaya belajaraktivis (2) TKBK 3. Mahasiswa bergaya belajar theorist (1) memenuhi TKBK 4 dan Mahasiswa bergaya belajar theorist (2) memenuhi TKBK 2. Mahasiswa bergaya belajar reflector (1) memenuhi TKBK 5 dan Mahasiswa bergaya belajar reflector (2) memenuhiTKBK3. Sedangkanuntuk Mahasiswa bergaya belajar pragmatis,dua duanya memenuhi TKBK 3.Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendeskripsikan profil proses berpikirkreatif mahasiswa bergaya belajar activis dalam mengajukan dan memecahkan masalah, 2)mendeskripsikan profil proses berpikir kreatif mahasiswabergaya belajar reflector dalam mengajukandan memecahkan masalah, 3) mendeskripsikan profil proses berpikirkreatif mahasiswa bergaya belajar theoris dalam mengajukan dan memecahkan masalah, 4) mendeskripsikan profil proses berpikir kreatif mahasiswa bergaya belajar pragmatisdalam mengajukan dan memecahkan masalah. Tahapan proses berpikir kreatif tersebut melalui proses:1) mensintesis ide.2) Membangun ide. 3) Merencanakanpenerapanide. 4) Menerapkan ide.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengungkap hakekat proses berpikirkreatif mahasiswa dalam mengajukan dan memecahkan masalah berdasarkan gaya belajar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan MatematikaUniversitas KanjuruhanMalang, angkatan 2017/2018 (semester VII). Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah angket Learning Style Questionnaire (LSQ)-nya HoneydanMumford, lembar tes, danpedoman wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu yaitu dilakukan wawancara terhadap subjek dengan pertanyaan yangsetipe dengan materi yangsama dalam waktu yang berbeda dengan tujuan untuk mengetahui konsistensi atau keajekan darijawaban subjekterhadap hasil wawancara yangdilakukan denganpertanyaan yang sama tetapi dengan waktu yang berbeda. Analisis data yangdilakukanmenggunakan tahapansebagai berikut :1). Menelaah data,2). Reduksi data,3). Penyajian data,d). Mengadakanpemeriksaan keabsahan data,e). Analisis datapenelitian dantemuan lain, f). Kesimpulan Penelitian.Berdasarkan hasil penelitian tentangproses berpikir kreatif dalam mengajukan danmemecahkan masalah terhadap mahasiswa bergaya belajardidapatkan infomasi bahwa: a). Profil prosesberpikir kreatif mahasiswabergayabelajar activis adalah memunculkan idemelalui pengalaman sehari hari dan mengilustrasikanidenya melalui gambar melalui tahapan sintesiside, membangun ide, merencanakan ide danmenerapkan ide. b). Profil proses berpikirkreatif mahasiswa bergaya belajar reflector adalah memunculkan ide dengan mengamati subjek lain, mencari informasi kepada subjek lain dan mengislustrasikan idenya dalam soal cerita disertai gambar melalui tahapan sintesis ide,membangun ide, merencanakanide danmenerapkan ide. c) Profil proses berpikirkreatif mahasiswa bergaya belajar theorist adalah memunculkan ide berdasarkan kajian literatur, pengalaman belajardi kelas dan mengilustrasikan dalam bentuk soalcerita melalui tahapan sintesis ide,membangun ide, merencanakan idedanmenerapkan ide.d). Profil proses berpikir kreatif mahasiswa bergaya belajar pragmatis adalah memunculkan ide berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar dan mengilustrasikanidenyamelalui eksperimen sederhana dengan cara menggambar melalui tahapansintesis ide, membangun ide, merencanakanide dan menerapkanide.} }