@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Materi Reaksi Redoks pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Driyorejo Gresik}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/NGY1NGY4MTAtYTkzMC0xMWU5LTk1NzMtYjkyNGE4Yjk4YjZk}, abstract={ABSTRAKPenerapan ModelPembelajaran POGIL untuk MeningkatkanKemampuan Analisis Materi Reaksi Redoks pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1Driyorejo Gresik Nama :Lisa Dwi PurnamasariNIM :15030194026Program Studi :Pendidikan KimiaJurusan :KimiaFakultas :Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamNama Lembaga :Universitas Negeri SurabayaPembimbing :Muchlis, S.Pd., M.Pd. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan kemampuan analisis materi reaksiredoks pada peserta didik kelas X SMAN 1 Driyorejo Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttestdesignpada kelas X MIA 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik dengan jumlah siswa 36, penelitiandilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang dihunkan yaitu metodeobservasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1)Keterlaksanaan modelpembelajaran POGIL pada materi reaksi redoks selama tiga kalipertemuan diperoleh rata rata 3,59; 3,82; 3,89 secara berturut turut dengankategori sangat baik. (2) Kemampuan analisis peserta didik padatiga kali pertemuan mengalami peningkatan secara umum pada pretestsebesar 47,02 dan posttest sebesar 78,25.Kata kunci: (POGIL), Kemampuan analisis, Reaksi redoks.} }