@thesis{thesis, author={ }, title ={CELEBRITY ENDORSEMENT SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA AQIQAH NURUL HAYAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/NmM4YzlkYjAtZjVmOC0xMWVjLWEzN2QtMjFkZTNjNmQ4YjM0}, abstract={Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian strategi dgital marketing di Aqiqah Nurul Hayat dengan memanfaatkan endorsement dalam konsep etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan studi literatur (library research). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi digital marketing Aqiqah Nurul Hayat, dilakukan melalui endorsement pada media sosial (instagram dan tiktok). Strategi ini mampu memperluas jangkauan pasar yang dibuktikan dengan meningkatnya engagement Instagram melalui jumlah likes, comment, share, views, dan repost. Namun kesepakatan kerja sama antara pihak celebrity dan Aqiqah Nurul Hayat yang menggunakan sistem barter dirasa masih lemah dimata hukum. Dari hasil penelitian maka pelaksanaan celebrity endorsement di Aqiqah Nurul Hayat masih belum sesuai dengan prinsip tanggung jawab dan kebenaran dalam konsep etika bisnis Islam, dimana terkadang masih ditemukan beberapa celebrity yang tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan syarat dan ketentuan endorsement. Sedangkan pada prinsip kesatuan, keseimbangan, dan kehendak bebas sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam dimana prosedur endorsement memperhatikan kemaslahatan bersama dengan adanya negoisasi dan kebebasan berpendapat saat melakukan penawaran.} }