@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGANGAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERIPERBANDINGAN}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/N2JkMWM1MTAtNzUwYS0xMWVjLTkzZjQtMTMxN2E5MWYzODM4}, abstract={Gameedukasi menyajikan konten pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan dandapat digunakan secara mandiri sehingga peserta didik dapat bermain sambilbelajar setiap saat serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yangmenyenangkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan sebuah gameedukasi matematika yang diberi nama Maze Math dengan berbasis android sebagaisuplemen pembelajaran pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilaidengan kualitas baik yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yangdigunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE yang meliputi Analysis, Design,Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen kevalidan berupa angketvalidasi ahli media dan materi, instrumen kepraktisan berupa angket penggunaan gameedukasi, serta instrumen keefektifan yang terdiri dari pretest dan postest. Gameedukasi Maze Math diujicobakan pada 12 siswa MTsN 1 Gresik dengan kemampuanmatematika tinggi, sedang, dan rendah. Game edukasi ini memenuhikriteria valid karena hasil yang diperoleh dari angket validasi ahli media danahli materi menunjukkan kriteria valid dengan memperoleh nilai persentase 82,71% (81%-90%). Maze Math dikatakan praktis karena hasil yang diperoleh dariangket kepraktisan yang diisi oleh siswa memperoleh nilai persentase 85,256%(85%-100%). Hasil penelitian ini juga efektif karena hasil rata-rata N-gainyang diperoleh dari pretest dan posttest yang dikerjakan oleh siswa terkategoritinggi dengan nilai 0,740278 ( > 0,7). } }