@thesis{thesis, author={ }, title ={DEVELOPMENT OF ELECTRONIC MODULE WITH AUGMENTED REALITY ON PYRAMID FOR VIII GRADE}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/YTk5Njg2NjAtMGIzMi0xMWVkLTgwZTgtZDk1ZWY1MjcxZDgw}, abstract={ Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, terlebih di masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online, dibutuhkan suatu inovasi seperti penggunaan media pembelajaran interaktif untuk pembelajaran timbal balik antara satudengan yang lain serta dapat diakses secara online. Modul elektronik dengan Augmented Reality dikemas dalam bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul elektronik dengan Augmented Reality berbasis android bernama AR LIMAS sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan matematika siswa, khususnya dalam materi limas. Pemilihan materi limas pada modul elektronik didasarkan pada beberapa penelitian sebelumnya mengenai miskonsepsi yang dialami siswa pada materi bangun ruang limas. Pengembangan modul elektronik ini menggunakan metode penelitian ADDIE dengan memperhatikan nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan demi terciptanya media pembelajaran yang baik. Modul elektronik ini diuji cobakan pada 3 peserta didik kelas VII dengan kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Pengkategorian xkemampuan matematis siswa didasarkan pada nilai ujian akhir semester pada semester sebelumnya. Berdasarkan penilaian dari para ahli, modul elektronik ini dinyatakan memiliki kategori baik dengan persentase validitas sebesar 86.59%. Kemudian hasil dari angket penggunaan modul elektronik memperoleh nilai persentase kepraktisan yaitu 98,35% dengan kategori sangat baik. Hasil pre-test dengan perolehan nilai rata-rata 15 mengalami peningkatan pada post-test dengan perolehan nilai rata-rata 82,5, sehingga modul dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi limas.} }