@thesis{thesis, author={ }, title ={Development of RPG Gameto Support Students Self-Study aboutSimultaneous Linear Equations for Senior High School Students}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/YTlhMjI4YTAtYTIxZS0xMWU5LTkzOTktMWIyYzkyNTA3ZDIw}, abstract={ABSTRAK PENGEMBANGAN RPG GAME UNTUK MEMBANTUBELAJAR MANDIRI SISWA DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR UNTUK SISWA KELAS XSMA Nama :Nila Rosita DewiNIM :15030174055Program Studi : Pendidikan MatematikaJurusan :MatematikaFakultas :Matematika dan Ilmu Pemgetahuan AlamName Institusi : Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Dr. Atik Wintarti, M.Kom Matematika adalahsalah satu subjek yang berkontribusi dalam perkembangan teknologi dan memilikiperan penting dalam subjek lainnya di dalam pembelajaran. Matematika dapatmembantu manusia untuk menyelesaikan beberapa permasalahan dalam kehidupansehari-hari. Salahsatu yang sering dijumpai adalah permasalahan dalam model sistem persamaanlinear. Namun fakta dilapangan menunjukkan siswa-siswa masih mengalamikesulitan untuk menyelesaikan masalah mengenai sistem persamaan linear terutamadalam bentuk soal cerita karena pengaruh perspektif. Perspektif memengaruhimotivasi siswa dalam matematika. Diperlukan sebuah gagasan baru untukmemfasilitasi siswa dalam belajar mandiri seperti mengembangkan RPG game. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmendeskirpsikan proses pengembangan dan menguji kevalidan, kepraktisan, dankeefektifan dari RPG game yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakanpenelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. ADDIE adalah kepanjangandari Analyze, Design, Develop,Implementation, dan Evaluation.Datadari penelitian ini diperoleh dari catatan lapangan, lembar validasi, lembarangket respon, dan ketuntasan level dalam game. Hasil dari penelitian adalah sebuahgame yang berjudul Hello Counselor yang memberikan akses untuk pemainberpetualang menyelamatkan dunia dengan menyelesaikan permasalahan yangmelibatkan persamaan linear. Game ini di dikembangakan dengan 5 tahapan dalamADDIE. Dalam tahap analysis dilakukananalisis kebutuhan siswa, kurikulum, dan tinjauan pustaka. Tahap design dilakukan dengan mendesain alurgame, soal yang muncul dalam game, serta instrumen dalam penelitian. Tahap develop dilakukan dengan merealisasikan gamedan mamvalidasikan game ke ahli materi dan media. Tahapan Implememtation dilakukan dengan menguji game ke subjek penelitian.Tahap Evaluation dilakukan denganmenganalisa data yang diperoleh selama penelitian. Game ini termasuk game yangdapat membantu belajar mandiri siswa karena terkategori dalam valid, praktis,dan efektif. Game ini termasuk valid karena RPG game yang dikembangkan dinyatakan validdengan score 76.98%, praktis dengan score 75.72%, dan efektif karena persentasesiswa yang lulus sebesar 78.57%. Keyword:Pengembangan, ADDIE,RPG game, Belajar mandiri. } }