@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED INQUIRY SCIENCETERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN TERKAITPERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS}, year={2023}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZTljNmRiMDAtM2Q4My0xMWVlLWIyZmQtZjM1OThhMDA0NGUw}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis pesertadidik kelas XI SMA melalui penerapan model pembelajaran project-basedinquiry science terintegrasi pendidikan lingkungan terkait perubahan iklim. Hasil penelitian yang diperoleh berupa keterlaksanaanpembelajaran, kemampuan berpikir kritis dan repon peserta didik. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitiankuantitatif true experiment dengan desain penelitian pre-test and post-test control group design. Subjek penelitian iniadalah peserta didik SMA Negeri Kesamben, dengan menggunakan dua kelas yaitusatu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri darilembar observasi pembelajaran, lembar tes kemampuan berpikir kritis dan lembar instrumenangket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project-basedinquiry science terintegrasi pendidikan lingkungan terkait perubahan iklim terlaksana dengan sangat baik. Terdapat perbedaan hasilsecara signifikan dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimensebelum dan sesudah penerapan pembelajaran project-based inquiry science terintegrasi pendidikanlingkungan terkait perubahan iklim. Didukung dengan hasil analisis N-gain,terjadi peningkatan nilai pre-test ke post-test dengan rata-rata N-gainsebesar 0,56 pada kelas eksperimen yang berkategori sedang sedangkan pada kelaskontrol diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,17 yang berkategori rendah.Respon peserta didik diperoleh secara statistik yaitu dengan rata-ratapersentase kumulatif sebesar 89,53% dengan kategori sangat baik pada angketpernyataan positif, dan mendapatkan rata-rata persentase kumulatif sebesar 91,29%dengan kategori sangat baik pada angket pernyataan negatif. Dapat disimpulkan bahwapenerapan model pembelajaran project-basedinquiry science terintegrasi pendidikan lingkungan terkait perubahan iklim terlaksana dengan sangat baik, dapatmeningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan memperoleh respon yangsangat baik dari peserta didik.Kata kunci: kemampuan berpikirkritis, pendidikan lingkungan, project-based inquiry science} }