@thesis{thesis, author={ }, title ={PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI TIKTOKUNTUK MENSTIMULASI FISIK MOTORIK KASAR PADA TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGANANAK USIA 5-6 TAHUN}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmU0MTUxNjAtNjcyZi0xMWVjLWJlMGItMmJhNjEzMmQ0YWZm}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media dan responpembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dalam menstimulasi fisikmotorik kasar pada tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun. Metode yangdigunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau R & D (Research andDevelopment) dengan ASSURE model.Teknikpurposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian. Sampel penelitian yaitu 5 guru pengguna media dan 30 anak berusia5-6 tahun di Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket denganmembagikan link google form. Penelitian ini menghasilkan produk berupa video padaaplikasi TikTok. Dari hasil validasi oleh ahli materi diperoleh 82,85%termasuk kategori baik, validasi ahli media adalah sebesar80% termasuk kategori baik. Kemudian Uji Reliabilitasitem respon media oleh anak dibantu orangtua dan guru (0,953) yang menunjukkanbahwa nilai koefisien Alpha media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok di atas0,70. Menurut hasil uji validitas yangdilakukan dengan diberikannya beberapa item pernyataan respon media dikatakan valid dan butir itemtidak ada yang jatuh.Pemilihan media digital berbasis TikTokdapat didesain sebagai mediapembelajaran yang menarik terutama padalingkup perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun.Kata Kunci: Media Aplikasi TikTok, Fisik Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun } }