@thesis{thesis, author={ }, title ={DAMPAK PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BAHASA MANDARIN SELAMA PANDEMI COVID-19(STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmU0YTU2NjAtZmRhNy0xMWVjLWIyYTMtOTM0MTY1N2EyODQx}, abstract={Pendidikan merupakan sektor terpenting dalam kehidupan. Setiap manusia sangat memerlukan dan bergantung dengan pendidikan, karena pendidikan dapat memberikan dampakyang sangat besar bagi setiap individu. Selama masa darurat Covid-19, KementerianPendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Undang- Undang Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pendidikan (Covid-19). Pada kondisiseperti ini pemerintah sangat menghimbau jikapembelajaran dilakukan menggunakan E- Learning,karena metode ini dianggap paling efektif selama PandemiCovid-19. Menurut Hartanto(2016) pembelajaran menggunakan E-Learning memiliki beberapamanfaat diantaranya kegiatan belajarmengajar akan semakin efisien dan efektif karena dapatdilakukan dimana saja, sertadapat melatih kreativitas baikbagi dosen maupun mahasiswa, selain itudapatmemberikan tenaga pendidik dan peserta didikuntuk mengakses materi pembelajaran lebih.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yangdihadapi pada saat penerapan pembelajaran berbasisE-learning, dan dan hasil belajarmahasiswa selama menerapkan pembelajaran berbasis E-learning. Merujuk pada konsep motivasimenurut Compton RichardM.Ryan dan Edward L.Deci (2000:35)yang memberikanpendapat bahwa setiap Individuyang dapat termotivasi secara internal dapat menunjukkan kreativitas dan kesejahteraannya dibandingkan dengan individu yang termotivasi secaraeksternal karena adanyainsentif atau sebuah penghargaan. Motivasi Internalmaupun Motivasi Eksternal memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakansemangat belajar yang sangat besar.Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan metode Gaya Regulasi,yang disajikan secara kualitatif Deskriptif, dan dalam pengumpulan data peneliti memakaikuesioner campuran sertamealakukan observasi secaraterbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan Pada era pandemiseperti sekarang ini, jugamenuntut Mahasiswa untuk lebihaktif dalam mencari dan memahami materi materi yang telah di jelaskan olehdosen secara mandiri. Pembelajaranberbasis E-Learning pun memberikandampak positif dan negatif yang sangat signifikan seperti Selama diterapkannya Pembelajaran E-Learning Via daring 50% mahasiswa yangberpendapat jika pembelajaran Viadaring kurang efektifdikerenakan adanya kendala sinyal yang seringhilang,pemakaian kuota yang terlalu besar,Mahasiswa cenderung mudah lelah dan bosan dikarenakan terlalu sering menataplayar komputer atau Handphone , kurangnya interaksimahasiswa dan dosen serta sering sekali kehilangan fokus. Disisi lain peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran E-Learning Sangat berpengaruh besarterhadap Faktor Motivasi dan HasilBelajar Mahasiswa. Sebanyak 80% Mahasiswa merasa jika Hasil Belajar menggunakanE-Learning Sudah Tercapaidan memuaskan, hal ini dikarenakan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarinangakatan 2019 Universitas Negeri Surabaya merasa bahawa Belajar menggunakan E- Learning dapat membantu mereka untuk mencari sumber informasi lebih dan luassehingga mereka dapat belajar lebih banyak.Kata Kunci : E-Learning, Motivasi, Hasil Belajar, PandemiCovid-19} }