@thesis{thesis, author={ }, title ={EFEKTIVITASSTRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmU0YTk3YTAtMTUxOC0xMWViLTg5M2ItOTdkODMyNGUxNDE4}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitasstrategi mind mapping terhadap hasilbelajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitiankepustakaan atau library researchyang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penelitianini diperoleh dari sumber data seperti penelitian terdahulu. Dalam penulisanartikel ini sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer (informasitelaah perangkat pembelajaran) dan sumber data sekunder (artikel penelitian).Data dianalisis dengan cara membandingkan hasil telaah yang didapat dan dihubungkandengan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitasbelajar siswa pada pembelajaran dengan model mind mapping lebih baik dari pada aktivitas belajar siswa padapembelajaran dengan model konvesional.Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, HasilBelajar.} }