@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN MEDIA ZEBOTIKA (PUZZLE BOOK MATEMATIKA) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI MENGENAL PECAHAN BAGI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmU4NTk2MTAtODEwMy0xMWU5LTk5YjktMTNkYTM3ZmFlMDgw}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi olehbanyaknya siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika. Hal ini dikarenakanterdapat banyak rumus yang harus dihafalkan sehingga siswa beranggapan bahwapelajaran matematika sulit untuk dipahami. Salah satu materi pada pelajaranmatematika yang sulit dipahami oleh siswa kelas II Sekolah Dasar adalah materipecahan. Berdasarkan analisis buku guru dan buku siswa dalam prosespembelajaran, siswa tidak diberikan kesempatan untuk menemukan konsep pecahansecara mandiri melalui pengalamannya dan media yang digunakan oleh guru saatproses pembelajaran berlangsung kurang beragam. Hal tersebut menyebabkanpeneliti untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat meyakinkan siswa bahwa matematika bukan hanyasekedar menghafal rumus. Tetapi di sini membentuk anggapan siswa bahwamatematika merupakan pelajaran yang dapat membantu memecahakan masalah dalamkehidupan sehari-hari. Mediayang akan dikembangkan oleh peneliti adalah media ZEBOTIKA (Puzzle Book Matematika) berbasis PMRIpada materi mengenal pecahan bagi siswa kelas II Sekolah Dasar. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahuikelayakan media ZEBOTIKA berbasis PMRI. Jenis dari penelitian ini adalahpenelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5tahap, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi.Data dikumpulkan oleh peneliti denganmenggunakan lembar validasi ahli dan lembar angket. Berdasarkan instrumenpengumpulan data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mediaZEBOTIKA berbasis PMRI valid dengan nilai 84% dari validator ahli materi, dan92% dari validator ahli media. Sedangkan data dari hasil uji coba kelompokkecil di SDN wedani dan uji coba lapangan di SDN Lumpur menjukkan tanggapansiswa yang postif. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai persentase dari tiapbutir pernyataan angket siswa di atas 80%. Dan didukung oleh lembar angketpengamat terhadap subjek uji coba media ZEBOTIKA berbasis PMRI memperoleh nilaipersentase dari tiap butir pernyataan angket pengamat di atas 80%. Kesimpulandari penelitian ini adalah mediaZEBOTIKA berbasis PMRI pada materi mengenal pecahan bagi siswa kelas II SekolahDasar yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan layak digunakaandalam proses pembelajaran.Katakunci: ZEBOTIKA, PMRI, Pecahan} }