@thesis{thesis, author={ }, title ={Media Promosi Event Gathering Komunitas One Piece Kolektor Indonesia (KOPKI) Regional Surabaya}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmVjNmFlMzAtM2I0MC0xMWVhLWE5OWYtNWYzMjQ4MmNhNWRl}, abstract={Komunitas adalah kelompok sosial dalam suatu masyarakat yangterdiri dari beberapa individu yang berinteraksi dalam lingkungan tertentu danumumnya memiliki minat yang sama. Salah satunya adalah Komunitas One PieceKolektor Indonesia, yang biasa disingkat KOPKI. Komunitas ini adalah tempatberkumpul bagi pecinta serial manga Negara Jepang dengan judul One Piece. KOPKI dibentuk pada tanggal13 Oktober 2013 yang berlokasi di Kota Jakarta, dengan tujuan mengumpulkankolektor One Piece di seluruhIndonesia. Awal mula munculnya komunitas kolektor One Piece Indonesia adalah ketika seorang pencinta One Piece berkeinginan untuk membuat komunitasnya sendiridi mana komunitas tersebut nantinya akan menjadi naungan berkumpulnya parakolektor dan pecinta serial manga OnePiece dari seluruh Indonesia. Kemudian terbentuklah komunitas baru yangdisebut KOPKI merupakan singkatan dari Komunitas One Piece Kolektor Indonesia.Setelah itu, KOPKI memulai kegiatan pertama mereka dengan membuat acara Meet and Great di kota Jakarta sebagailangkah pertama mereka untuk memperkenalkan Komunitas One Piece Kolektor Indonesia. Dan ternyata para antusias pecinta One Piece meresponnya dengan baik acara Meet and Great dengan banyaknya pesertayang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut sehingga melebihi apa yang anggotaKOPKI harapkan dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuat acara yanglebih besar, yaitu event gatheringdengan bertujuan untuk semakin memperdalam hubungan persudaraan sesama anggotaKOPKI. Disini penulis menggunakan metode perancangan dengan mengambil datasecara langsung mengenai permasalahan apa yang sedang terjadi di KOPKI RegionalSurabaya sebagai penunjang sumber data primer sedangkan untuk data pelengkapyaitu sekunder penulis melakukan pencarian relevan yang di dapat dari buku buku yang berhubungan dengan event, media promosi, dsb yangmenyangkut data dari tugas akhir penulis ini di perpustakaan, serta melakukanwawancara langsung ke salah satu pendiri KOPKI Regional Surabaya untukmengetahui tingkat keperluan serta kepentingan yang dilakukan dalam metodeperancangan. Dan juga penulis menggunakan metode analisis SWOT sebagai permasalahan yang dihadapi KOPKI Regional Surabaya.Hasil dari tugas akhir ini ialah berupa videoanimasi 3D stop motion, menambahkan serta memperbaiki beberapa unsur event yang kurang ada di event gathering KOPKI Regional Surabaya,meperbaharui merchandise sehinggakedepannya bisa menyesuaikan dengan tema eventgathering ini. Kesimpulan dalam merancang media promosi event dan memvisualisasikan mediapromosi event kepada masyarakat umummembutuhkan data yang valid danakurat serta menambahkan beberapa hal yang sedang menjadi trending masa kinisehingga diharapkan bisa menjadikan daya tarik tersendiri bagi target audience Kata Kunci : Media Promosi, Komunitas One Piece Kolektor IndonesiaRegional Surabaya. } }