@thesis{thesis, author={ }, title ={Analisis Model PembelajaranBerbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa SmkPada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmVkNTE1ODAtZTVjNi0xMWVhLTkwMDMtMWJhZmEzOWVhZGE4}, abstract={Pendidikan dan sumberdaya manusia yang baik dapat diwujudkan dengan bentuk pendidikan berkualitas,yang dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan aktual yang berpotensial daridalam diri siswa. Adanya pendidikan yang bermutu dapat mendukung dalam memanifestasikantenaga kerja muda berpotensi tangguh dan mau bersaing dalam asosiasi dunia. Salahsatu upaya untuk mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran berbasismasalah pada siswa SMK. Metode pengumpulan data adalah studi pustaka. Metodeyang akan digunakan untuk pengkajian ini studi literatur. Tujuan dalampenelitian ini adalah untuk mengkaji literatur tentang hasil belajar siswa SMK denganmenggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran DasarListrik Elektronika. Jenis penelitianini adalah menggunakan studi literatur yang terkait dengan analisis hasilbelajar siswa SMK pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika. Studi literaturyang digunakan dalam penelitian ini merupakan artikel penelitian pada tahun20152020 yang dicari dengan Google Scholar. Setelah dilakukan identification,screening, dan eligibility dari 2880 artikel yang ditemukan, didapatkan10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan pembahasan hasilkajian literatur dari 10 artikel yang dirujuk, terdapat 6 artikel yangmenyatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebihefektif untuk meningkatkan hasil belajar (dengan rerata sebesar 79,84) dan 4artikel yang menyatakan model pembelajaran berbasis masalah tidak berpengaruhsecara signifikan dalam hal meningkatkan hasil belajar (dengan rerata sebesar74,15). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajarsiswa lebih meningkat saat kondisi siklus (saat siswa telah memperolehperlakuan tindakan) dibandingkan sebelumnya saat kondisi pra siklus (saat siswabelum memperoleh perlakuan tindakan) dengan nilai rerata 77.} }