@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Nilai Moral Anak di Taman Kanak-Kanak Kelompok B.}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmVkZGJjNDAtNDcxOS0xMWVhLTlhZjktNmZmM2ZlYjAwNjFk}, abstract={ABSTRAK Sriwahyuni, Yuyun. 2020.Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Karakter untuk MeningkatkanNilai Moral Anak di Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD,Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I) Prof. Dr. Mustaji,M.Pd., (II) Dr. Umi AnugerahIzzati, M.Psi., Psikolog. Kata kunci: Media video, Pendidikan karakter, Nilai moral Penelitian ini bertujuan untuk :1) untuk memenuhi kebutuhanpembelajaran pada lembaga yang telah diobservasi oleh peneliti denganmengembangkan media video pembelajaran berbasis karakter sesuai dengankebutuhan yang ada di Tk Luncup Lestari, Wiyung. 2) Mengetahui keefektifanmedia video pembelajaran berbasis karakter untuk meningkatkan perkembangannilai moral anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Penelitiandan pengembangan ini menggunakan desain penelitian Dick and Carrey. Subyekpenelitian anak kelompok B di TK Kuncup Lestari, Wiyung tahun ajaran 2019/2020sejumlah 9 anak. Uji kefektifan data menggunakan dua rumus t-test yaitu separatedvarians dan rumus t-testpolled varians. Teknik pengumpulan data menggunakanTeknik pengumpulan data menggunakan Lembar observasi, lembar angket dan lembarwawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis datakualitatif dan kuantitatif. Pengukuran kelayakan mediavideo pembelajaran berbasis karakter ini berdasarkan uji ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil,uji coba kelompok besar melalui tahap revisi. Hasil uji uji lapangan inidilakukan selama sepuluh kali pertemuan dengan cara membandingkan hasil tesantara kelas eksperimen yang memakai video berbasis karakter yang telah penuliskembangkan dan kelas control yang menggunakan buku cerita atau gambar peragadalam mengajarkan pembelajaran karakter. Analisa data dalam ujilapangan, menunjukkan bahwa thitung lebih kecildari pada ttabel (0.75>2.110).Hasil ini menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan rumus inimemberitahukan kepada kita bahwa media video pembelajaran berbasis karakterdapat meningkatkan perkembangan nilai moral anak pada kelas eksperimen danmemberikan perubahan yang sangat signifikan dalam menerapkan karakter secarakesehariannya dibandingkan kelas control.} }