@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGARUH MEDIA TRANS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN II SUMENGKO}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmVlNjQyMzAtOTI4NS0xMWU5LTk1ZTMtMmZhYzFmOWU2Mzdj}, abstract={Saat iniIndonesia memiliki kualitas pendidikan yang rendah. Dibuktikan dengan adanyaAssement yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2017 dimana Indonesia memperolehperingkat 180 dari 187 negara. Penelitian lain menunjukkan hasil yang tidakjauh berbeda dilakukan oleh The Gguardian 2016, Indonesia memperoleh peringkat57 dari 65 negara. Cukup luas dan kompleks jika dicari adalah akar masalah darisistem pendidikan, namun ranting dari permasalahan pendidikan saat ini salahsatunya dengan minimnya alat media yang digunakan dalam kegiatan belajarmengajar. Setiap penelitian mempunyai tujuan makadari itu tujuan penelitian ini adalah melihat dan mendeskripsikan pengaruhpenggunan media Trans Book terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaranIPA khususnya materi ekosistem di SDN II Sumengko.Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitianeksperimen kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen Quasi Experimental Design. Denganmenggunakan3 jenis The Non-Equivalent3 Controlc GrupDesign. Populasi dalam penelitianini adalah SDN II Sumengko, SDN ISumengko dan SDN I Pasinan dengan jumlah 142 siswa. Sedangkan sampelyang di gunkanan adalah SDN II Sumengko dengan jumlah 57 siswa sebagai kelompokeksperimen, sedangkan SDN I Pasinan dengan jumlah 50 siswa sebagai kelompokkontrol. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data instrumendilakukan dengan uji validitas instrumen dan uji reliabilitas, sedangkananalisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji normalitas, ujihomogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain.Teknik pengumpulan data dilakukandengan tes dan observasi. Analisis data instrumen dilakukan dengan ujivaliditas instrumen dan uji reliabilitas, sedangkan analisis data hasilpenelitian dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis danuji n-gain.Hasiluji validitas instrumen tes menunjukkan bahwa instrumen tes valid denganrata-rata r hitung 2,21 > r tabel 2,08 Uji reliabilitas instrumen tes menunjukkanbahwa instrumen reliabel yaitu r hitung 0,98 > r tabel 0,41. Nilaiketercapaian pelaksanaan pembelajaran dengan rata-rata yaitu 84,9. Ujinormalitas pada nilai pre test dikelas ekperimen diperoleh 11,04 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 6,28. Sedangkanpada nilai post test di kelaseksperimen diperoleh 11,94 dan di kelas kontrol diperoleh 11,54. Dari hasiltersebut dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan signifikansi > 0,05sehingga dinyatakan bahwa sebaran data berdistribusi normal. Melalui ujihomogenitas pada nilai pre test diperoleh0,50 > nilai signifikasni 0,05 sedangkan nilai post test diperoleh 1,03 > nilai signifikansi 0,05 yangmenunjukkan data pada nilai pretest danpost test memiliki data yang homogen.Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung 13,01 > ttabel 2,011 sehingga Ha diterimadan Ho ditolak. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terdapatpengaruh media Trans Book materiekosistem terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN IISumengko. KataKunci : : Media Trans Book, Hasil Belajar, ekosistem dan IPA} }