@thesis{thesis, author={ }, title ={PengembanganBahan Ajar Elektronik untuk Pembelajaran Pengolahan Data Berbasis Saintifikbagi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmVmYTc1MjAtZWFjZS0xMWViLWIyYmMtYjFlNjJmNTg5MDI3}, abstract={ABSTRAK Chiptoworohapsari, Masfufah. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik untukPembelajaran Pengolahan Data Berbasis Saintifik bagi Siswa Kelas 5 SekolahDasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas NegeriSurabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd dan (2)Dr. Wiryanto, M.Si. Kata Kunci: bahan ajar, pengolahan data,saintifik Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar elektronikuntuk pembelajaran pengolahan data berbasis saintifik bagi siswa kelas V sekolah dasar yangvalid, praktis, dan efektif. Pembelajaran matematika yang dilakukan menggunakanbahan ajar elektronik berbasis saintifik dengan langkah-langkah mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.Penggunaan bahan ajar ektronik diharapkan dapat membantu siswa memahami konseplebih mendalam serta menumbuhkan motivasi belajar siswa terhadap matematika.Model pengembangan bahan ajar elektronik berbasis saintifik pada penelitian inimenggunakan model pengembangan Dick andCarrey. Ada 10 tahap dalam pengembangan model, yaitu: mengidentifikasi tujuanpembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, menganalisis karakteristik siswadan konteks pembelajaran, merumuskan tujuan khusus pembelajaran, mengembangkaninstrumen penilaian, mengembangkan strategi pengajaran, mengembangkan danmemilih bahan ajar, merancang dan mengembangkan evaluasi formatif, merevisipembelajaran, serta merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif.Uji coba bahan ajar dilaksanakan di SDN Airlangga I/198 Tahun Pelajaran2020/2021 menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas 5C sebagai kelaseksperimen dan 30 siswa kelas 5D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasilpenelitian, bahan ajar elektronik berbasis saintifik yang dikembangkandinyatakan valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran pengolahan data siswakelas 5 SD. Valid didasarkan pada penilaian kedua validator. Praktis dilihatdari respon siswa dan respon guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan, sertapenilaian pengamat terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa dengan kategorisangat baik. Efektif dilihat dari hasil belajar dan uji independent t-test pada kelaseksperimen dan kelas kontrol dengan penghitungan posttest menunjukkannilai thitung sebesar 3,665 dengan sig. 2 tailed sebesar 0.001 (0,001<0,05). Hal ini diperkuat dengan hasil deskriptif nilairata-rata kelompok eksperimen pada posttest sebesar 90.8, sedangkan kelompok kontrol posttest sebesar 84.0.Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajardengan menggunakan bahan ajar elektronik berbasis saintifik dalam pembelajaranmatematika tentang pengolahan data bagi siswa kelas 5 sekolah dasar. } }