@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmYxNGM4NDAtN2VlNy0xMWVhLWE4YWQtZTM2ZGFmNzJiNjQy}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-book interaktif pada materi keanekaragaman hayati untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA yang layak secara teoretis berdasarkan hasil validasi dari aspek penyajian, isi, dan kebahasaan, serta layak secara empiris berdasarkan keterbacaan, keterlaksanaan, hasil keterampilan berpikir kritis yang dilatihkan, dan respons siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model menggunakan 4D (define, design, develop, dan disseminate) namun, tahap disseminate tidak dilakukan. Pengembangan e-book interaktif ini dilakukan di Gedung IsDB Universitas Negeri Surabaya dan uji coba terbatas dlakukan pada 20 siswa kelas X MIA SMAN 1 Bangsal. Parameter kelayakan dalam penelitian ini berupa hasil validasi, keterbacaan, keterlaksanaan, hasil keterampilan berpikir kritis yang dilatihkan, dan respons siswa terhadap e-book interaktif. Analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil validitas e-book interaktif oleh tiga dosen ahli mendapatkan persentase rata-rata keseluruhan 100% dengan kategori sangat valid, keterbacaan menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan mencapai keterbacaan pada level 10 artinya sesuai digunakan untuk kelas X SMA, keterlaksanaan e-book interaktif oleh tiga pengamat mendapatkan persentase rata-rata keselururhan 100% dengan interpretasi sangat aktif, hasil latihan berpikir kritis pada indikator interpretasi mendapatkan persentase rata-rata 90%; analisis 92%; inferensi 88%; evaluasi 100%; eksplanasi 80%, dan regulasi diri 100%, serta respons siswa menunjukkan persentase 98,3% sehingga termasuk kategori sangat positif.} }