@thesis{thesis, author={ }, title ={MENCIPTAKAN PENGALAMAN PSIKEDELIK MELALUI AMBIENT SOUND DAN TRIPPY VISUAL}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmY1YTliNzAtYWNlZi0xMWU5LTgxYjItMDNjZDhhOWZiMTc5}, abstract={Penciptaan karya ini berjudul Menciptakan Pengalaman Psikedelik Melalui Ambient Sound dan Trippy Visual ditujukan agar dapat menciptakan pengalaman psikedelik tanpa mengubah otak secara permanen layaknya zat psikotropika. Zat psikotropika dapat mengakibatkan auditory effect dan visual effect. Menurut Djohan, suara dapat digunakan sebagai alternatif untuk merubah suasana hati atau memroduksi pikiran (2003). Florence de Mredieu menjelaskan melalui kutipan Bill viola bahwa, video dekat terhadap suara (2005). CAN menjelaskan melalui kutipan Krisna murti bahwa, seni media baru merupakan kesadaran baru untuk memperlakukan teknologi bukan serta-merta menjadi benda konsumsi melainkan memanfaatkan teknologi sebagai medium untuk menciptakan seni (Kompas, 2002:42). Metode yang digunakan dalam perwujudan karya ini yakni pengaplikasian penelitian-penelitian terdahulu guna menciptakan pengalaman psikedelik melalui ambient sound dan trippy visual. Dapat dipahami bahwa, Karya ini bermaterikan ambient sound dan trippy visual disertai dengan eksplorasi teknis, baik dalam gubahan frekuensi ambient sound guna menyisipkan binaural beat maupun eksplorasi visual effect dan sound effect pada materi video. Berdasarkan uji coba dan pengambilan sample, Sensasi pengalaman psikedelik yang dapat diciptakan melalui karya video ini yakni; diffraction, scenery slicing, dan drifting berdurasi <10 detik. Kunci : psikedelik, ambient, sound, trippy, dan visual.} }