@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI CERMIN CEKUNG DAN CERMIN CEMBUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmY2NmIxNjAtOTJmNC0xMWU5LTk4NGUtNGQyZGIzZGQ5ZDkz}, abstract={Penerapan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)bertujuan untukmendeskripsikan keterlaksanaan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), hasil belajar siswa, dan respon siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experiment denganrancangan penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Hasilpenelitian untuk keterlaksanaanpembelajaran menunjukkan kriteria sangat baik. Analisis N-Gain untuk hasil belajar aspekpengetahuan siswa dengan kriteria tinggi sebesar 34% dan untuk kriteriasedang sebesar 66%. Pada aspek keterampilan,seluruh siswa dinyatakan tuntas dengan kriteria sangat baik. Siswamemberikan respon positif terhadap proses pembelajaran dengan strategi Predict-Observe-Explain (POE) yaitusebesar 92%. Kata Kunci: Predict-Observe-Explain (POE), hasil belajar} }