@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Gerak Lurus Untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmY4NTIwYTAtOTY3YS0xMWU5LTk0ZjEtYTU4NWMwYTAzZGMw}, abstract={Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran,keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didikterhadap penerapan model pembelajaran DiscoveryLearning pada materi Gerak Lurus. Jenispenelitian ini adalah Pre EksperimentalDesaign, dengan dilakukan pada satu kelas eksperimen tanpa kelaspembanding. Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Sidoarjo kelas VIII A semesterkedua tahun akademik 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakanbahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dengan persentase 84,6% padapertemuan pertama dan 85,8% pada pertemuan kedua. Keterampilan berpikir kritispeserta didik juga mengalami peningkatan dari hasil rata-rata pre-test sebesar 39 meningkat menjadi 86saat post-test, sehingga mengalamipeningkatan berdasarkan kriteria N-gain sebesar0,7 dengan kriteria tinggi. Penerapan model DiscoveryLearning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gerak lurusmendapatkan respon yang positif dari peserta didik dengan rata-rata persentasesebesar 93 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapatdikatakan bahwa penerapan model DiscoveryLearning pada materi gerak lurus dapat meningkatkan keterampilan berpikirkritis peserta didik. KataKunci: Pembelajaran, Discovery Learning, Berpikir Kritis} }