@thesis{thesis, author={ }, title ={SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmY4NWNjNDAtZTE4MS0xMWViLWE5YjgtNDEyMTEzYmFjNTc4}, abstract={Kinerja gurusekolah dasar dalam mengelola proses pembelajaran masih perlu adanya perhatiandari kepala sekolah melalui kegiatan superivisi akademik. Supervisi akademikdilaksanakan dalam proses pembinaan, pendampingan serta pengembangan padakinerja guru. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini yaitu untuk menganalisissupervisi akademik terhadap kinerja guru sekolah dasar. Metode yang digunakanadalah studi literatur penelitian kepustakaan melalui jurnal denganmengumpulkan data serta referensi terkait dengan topik artikel. Hasil mengkajijurnal serta beberapa referensi ditemukan bahwa peran kepala sekolah dalam mengefektifkankinerja guru yaitu dengan melakukan supevisi akademik. Kepala Sekolah sebagaisupervisor memiliki wewenang untuk memberikan pembinaan serta pengembanganterhadap kinerja guru sekolah dasar. Supervisi akademik oleh kepala sekolahdilakukan supaya membantu guru dalam memperbaiki maupun membenahi prosespembelajaran yang lebih berkualitas. Adapun tahapan yang terdapat dalamsupervisi akademik yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Denganadanya tahapan tersebut bertujuan agar supervisi akademik berjalan secaraterpola dan terarah sehingga dapat mencapai apa yang telah ditargetkan. Supervisiakademik kepala sekolah berdampak positif dan signifikan terhadap kepuasankerja guru sehingga dapat memberikan kontribusi secara nyata terhadapmeningkatnya kinerja guru sekolah dasar. Dalam melakukan supervisi akademikkepala sekolah menggunakan teknik supervisi akademik serta berpedoman padaprinsip supervisi akademik. Kata kunci : supervisi akademik, kinerja guru,sekolah dasar.} }