@thesis{thesis, author={ }, title ={HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA (STUDI KASUS BUDAYA LITERASI MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmY4YWMyZTAtZDg2ZS0xMWVhLWIxNGYtM2RlN2E4MTg1MTQ5}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca pada mahasiswa PPKn Universitas Negeri Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme Jean Piaget. Populasi penelitian adalah 87 mahasiswa PPKn Universitas Negeri Surabaya yang dikategorikan gemar membaca ditandai dengan sering berkunjung di perpustakaan/ruang baca. Sampel penelitian berjumlah 70 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Variabel penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis sebagai variabel bebasdan kemampuan membaca sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes kepada setiap responden yang menjadi sampel penelitian. Teknikanalisis data menggunakan product moment. Hasil analisis menunjukkan terdapathubungan positif antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca padamahasiswa PPKn Universitas Negeri Surabaya, meskipun hubungannya rendah.Kata kunci: berpikir kritis, membaca,budaya literasi.} }