@thesis{thesis, author={ }, title ={PERANGURU IPS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELASVII DI SMP NEGERI 1 PARE PADAERA PANDEMI COVID-19}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmY4YmNhNTAtNmY1My0xMWVjLWExYjEtZGZiOGZhYjgyZWNm}, abstract={Peran guru adalah perlakuan atau tindakanyang dilakukan oleh guru dalam rangka membagi ilmu pengetahuan atau wawasannyakepada siswa yang di ajarnya. Pendidikan IPSmerupakan penyerdehanaan atau adaptasi dari disiplin ilmu-ilmu sosial yangsecara ilmiah menurut pedagogik/psikologis bertujuan untuk pendidikan. Penelitianini memiliki tujuan untuk mengetahui peran guru IPS dalam meningkatkan motivasibelajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pare pada era pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian denganpendekatan kualitatif. Metode penelitian yangdigunakan yakni, metode deskriptif kualitatif.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dandokumentasi. Dari kegiatan yang dilakukan memperoleh hasil bahwa rendahnyamotivasi belajar siswa pada era pandemi membuat guru bertekat untukmemaksimalkan perannya sebagai guru demi membatu siswa meningkatkan motivasibelajarnya. Hal tersebut tak luput dari beragam carayang guru gunakan agar motivasi belajar siswa dapat meningkat diantaranya,yaitu dengan membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, mencairkansuasana kelas, membuat metode pembelajaran yang menarik, memberikan reward,memberikan masukan,semangat dan motivasi, serta melakkukan kunjungan kerumah-rumah siswa (home visiting). Dengan cara-cara yang digunakantersebut, guru berhasil meningkatkan motivasi belajar pada diri siswa. Yangsemula siswa memiliki motivasi belajar rendah, kini berkat peran guru motivasibelajar mereka semakin meningkat.KataKunci : Peran guru, Motivasi belajar} }