@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas XI SMAN 12 Surabaya}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmY5ZTAyZjAtMDc2OC0xMWVkLTlmMDMtOTExZTAwYmZkYWQy}, abstract={Pembelajaransejarah erat kaitannya dengan kemampuan siswa dalam mengkonstruk pemahamandalam mengkaji perubahan-perubahan dan nilai nilai yang terkandung padaperistiwa yang terjadi pada masa lalu yang dikaitkan dengan kondisi masa saatini. Permasalahan dikelas sering kali ditemukan kondisi budaya diam dikelassehingga kurang melibatkan peran siswa selama kegiatan pembelajaran. Hal inimenyebabkan pembelajaran berpusat pada guru dan kurang melibatkan keaktifansiswa. Penerapan pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan modelpembelajaran yang masih konvensional menyebabkan siswa hanya mendengarkanpenjelasan guru tanpa melakukan aktivitas. Kurangnya keaktifan siswa akanberpengaruh pada hasil belajar siswa. Model cooperative tipe question studenthave dikembangkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keaktifan siswaapabila dikaitkan dengan pembelajaran abad ke-21 sangat berpengaruh padatingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang telah disampaikan guru.Sehingga diperlukan adanya penelitian untuk membuktikan secara empirisbagaimana pengaruh model cooperative tipe question student have terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah ada pengaruh model cooperative tipe question student have terhadaphasil belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian inimenggunakan pendekatan pre experimentaldesign dengan bentuk one grouppretest and posttest design dengan sampel XI IPS 3 SMAN 12 Surabaya. Teknikpengumpulan data menggunakan metode observasi, pemberian pretest dan posttest danangket respon siswa terhadap model pembelajaran cooperative tipe questionstudent have. Pengolahan data menggunakan uji normalitas dan uji t PairedSample Test. Hasil penelitian ditunjukkan sebagai berikut: (1) keterlaksanaanmodel pembelajaran cooperative tipe question student have sebesar 92% dengankriteria sangat baik. (2) Hasil belajar siswa menyatakan belum mencapaiketuntasan AKM 75 yaitu dengan perolehan rata-rata pretest 69,7 denganpresentase 52,5% dan rata-rata hasil posttest sebesar 82,9 dengan presentase75% ketuntasan AKM. (3) Respon siswa terhadap hasil belajar menunjukkan 83,7%dengan kategori sangat baik.Kata Kunci: Question student have, hasil belajar} }