@thesis{thesis, author={ }, title ={Analisis Kesalahan kakikikitori Kata Benda Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 TAMAN Sidoarjo Tahun Ajaran 2018 / 2019}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmZiMWMxOTAtODJiMS0xMWVhLTg2MDUtYTc5Mzk3OWI2NmI2}, abstract={Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah mendeskripsikan bentukkesalahan yang terdapat pada kegiatan kakikikitori kata benda dalampembelajaran bahasa Jepang oleh siswa kelas XI Bahasa Sman 1 Taman, sertafaktor dari kesalahan kakikikitori tersebut. Penelitianini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan data yang dianalisis dalam penelitian iniadalah hasil dari tes kakikikitori, angket dan wawancara.Berdasarkanhasil tes yang telah dianalisis diketahui bahwa, bentuk kesalahan kakikikitoriyang ada dalam penelitian ini adalah bentuk kesalahan bunyi dan kesalahanpenulisan. Yang pertama yaitu Chooon, misal : menjadi, lalubunyi Yooon, misal : menjadi, dan bunyiSokuon, misal : menjadi . Padahasil analisis soal angket danwawancara yang diberikan dapat diketahui bahwa,faktor-faktor yang mempengaruhi siswamengalami kesalahan pada kegiatan kakikikitori dalam pembelajaran bahasaJepang ialah siswa belum hafal dengan huruf hiragana atau katakana, belummemahami materi, tidak minat terhadap bahasa Jepang dan kurang bisa memahamipelafalan orang Jepang. Lalu, faktor-faktor yang menyebabkan siswa tidak dapatberkonsentrasi dalam menyimak pembelajaran bahasa Jepang ialah suasana kelasramai, siswa merasa jenuh atau bosan, dan kondisi fisik yang sedang tidak baik.Namun mayoritas siswa menjawab jika faktor yang lebih berpengaruh ialah faktor erroratau kesulitan atau penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran bahasaJepang.Saranuntuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih teliti dalam menentukanobjek, penyusunan instrumen, dan menambah teori berbahasa Jepang agar hasilpenelitian ini lebih baik. Kata Kunci: Analisis kesalahan berbahasa, Kakikikitori, Kata benda, BahasaJepang} }