@thesis{thesis, author={ }, title ={HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC STRESS SAAT PANDEMI}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/ZmZjYmFmYjAtZjQxMS0xMWViLTlkMmMtZDdhNDQwZjRlOWUy}, abstract={Pada saat ini seluruh dunia sedang mengalamikondisi dimana pandemi virus covid-19, penyebaran virus ini begitu cepatsehingga perlu adanya kebijakan baru untuk berkativitas dari rumah. Prosespembelajaran juga dilakukan dirumah demi menghindari aktivitas yang menimbulkankerumunan. Perubahan aktivitas belajar yang cepat disaat kondisi yang tidakstabil, bisa menjadi salah satu faktor menimbulkan stress bagi siswa. Bicara mengenai kondisi setiap siswa bisa jaditidak sama, hal ini bergantung pada keyakinan dalam dirinya untuk menghadapipermasalahan yang ada atau bisa disebut selfefficacy. Untuk itu tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui hubunganantara self efficacy dan academic stress pada siswa saat masa pandemicovid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana subjek yangdigunakan berjumlah 150 siswa kelas 10. Pada proses pengumpulan datanya menggunakanteknik cluster sampling, dengan skalayang digunakan yaitu skala self efficacydan academic stress. Pada proses analisisdatanya mengunakan metode product momentpearson untuk mencari hubungan antara kedua variabel. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa terdapat hubungan antara selfefficacy dengan academic stresss, dengannilai signifikasi 0,000 (p<0.05) dan nilai koefisien korelasinya 0,531 (r=0,531).Dimana saat academic stress meningkatmaka self efficacy juga meningkat,begitu juga sebaliknya saat academicstress menurun maka self efficacyjuga ikut menurun.} }