@thesis{thesis, author={Sirempe Peron}, title ={Metode Pembelajaran Alat Musik Keyboard pada Anak Sekolah Minggu Umur 12 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Moria Nonongan}, year={2022}, url={http://digilib-iakntoraja.ac.id/1025/}, abstract={Peron Sirempe, 2120175436 Prodf Musik Gerejawi, Judul Skripsi "Metode Alat Pembelajaran Musik Keyboard Pada Anak Sekolah Minggu Umur 12 Tahun Di Gereja Toraja, Jemaat Moria Nonongan". Pembimbing I Stephani Intan M. Siallagan M.Pd dan Zefanya Sambira S.MG., M.Pd. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemain musik dalam gereja, sehingga peneliti tertarik untuk memberikan pembelajaran alat musik keyboard, dimana gereja sudah memfasilitasi jemaat dengan menghadirkan alat musik keyboard. Hanya saja, sumber daya manusia masih sangat terbatas, untuk itu penelitian ini diberikan kepada anak sekolah minggu berumur 12 tahun. Adapun materi yang digunakan diadopsi dari buku karya Hendro S.D. yaitu, pengenalan keyboard, notasi, tangga nada, rhythm keyboard, tabulasi, iringan suara dan memainkan akor-akor keyboard. Peneliti juga akan menambahkan beberapa materi menurut pengalaman selama mengajar dibeberapa gereja dan tempat-tempat kursus, yang di dalamnya terdapat pengenalan nada, penjarian, tangga nada C mayor, akor-akor dalam tangga nada C mayor, akor disertakan penjarian (tangan kiri memainkan akor dan tangan kanan memainkan penjarian dilengkapi dengan style yang sederhana), pengenalan beberapa fungsi fitur dalam keyboard yang sering digunakan dalam mengiringi lagu, caTa mengiringi lagu dan mencari akor 4/4, 3/4, 6/8, cara memilih style yang tepat dalam mengiringi lagu dan memilih lagu yang sederhana sebagai latihan pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus, dimana dalam setiap siklus ada empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pembelajaran keyboard dapat dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dilakukan pada saat menjelaskan materi atau teori, metode tanya jawab dilakukan pada saat memberikan kesempatan kepada anak untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti sekaitan dengan materi yang sudah diberikan, Metode diskusi dilakukan pada saat memberikan tugas kepada anak-anak untuk mendiskusikan sekaitan dengan materi pembelajaran, metode demonstrasi dilakukan pada saat peneliti memberikan contoh kepada anak-anak melalui praktek, dan metode driW/latihan dilakukan pada saat peneliti memberikan tugas latihan kepada setiap anak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pada siklus pertama dengan menggunakan metode dan materi di atas anak-anak memperoleh nilai rata-rata 62% (baik). Sehingga, peneliti menggunakan siklus kedua dengan metode dan materi yang sama dan anak-anak memperoleh nilai rata-rata 92% (sangat baik). Pembelajaran alat musik keyboard pada anak sekolah minggu umur 12 tahun dengan mnggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan drillflatihan dengan menggunakan materi di atas cukup efektif dilihat dari kedua siklus tersebut mengalami peningkatan. Kata Kund: Metode pembelajaran musik, Anak umur 12 tahun, Alat musik keyboard, sekolah minggu dan Gereja.} }