@thesis{thesis, author={Ntahu Esther}, title ={Analisis Implementasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan di Kalangan Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen Se-Kecamatan Wasuponda}, year={2016}, url={http://digilib-iakntoraja.ac.id/395/}, abstract={Nama Ester Ntahu, Nirm 21023467, judul Skripsi ?Analisis Implementasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan di Kalangan Guru-guru Pendidikan Agama Kristen se-Kecamatan Wasuponda?. Penulis adalah salah satu mahasiswa Study Lanjut di Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAKN) Toraja jurusan Pendidikan Agama Kristen angkatan 2012. Tujuan dari penelitian ini ialah supaya pendidik atau guru-guru dapat mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menangani peserta didik dalam berbagai macam situasi dan kondisi mereka, agar peserta didik dapat merasakan manfaat tujuan yang positif didalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Pendidik juga dapat mengevaluasi tentang kinerja model PAIKEM, apakah model PAIKEM dapat digunakan dengan baik dan dapat memberikan manfaat yang lebih. Seperti tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan tuntas. Serta dapat menjadikan peserta didik lebih baik dan paham dengan materi yang disampaikan melalui model PAIKEM ini. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa PAIKEM sudah sangat tepat di terapkan di sekolah-sekolah yang ada di wasuponda. Meskipun ada beberapa kendala yang dialami oleh para pendidik seperti kurangnya prasarana dan ketidakseriusan sebagian siswa dalam kegiatan belajar mengajar, namun para pendidik bersih keras dalam menangi persoalan-persoalan demikian. Hasil dari penelitian penulis yang beijudul Analisis Pedagogis Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan di Kalangan Guru-guru Pendidikan Agama Kristen Se-kecamatan Wasuponda adalah sangat tepat, karena model pembelajaran ini betul-betul fokus pada pembangunan mental dan intelektual siswa dalam pendidikan.} }