@thesis{thesis, author={Marimbun Wilda}, title ={Efektivitas Teknik Pembelajaran Storytelling dengan Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAK di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek}, year={2023}, url={http://digilib-iakntoraja.ac.id/404/}, abstract={Wilda Marimbun: ?Efektivitas teknik pembelajaran storytelling dengan gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAK di kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek?. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan efektivitas teknik pembelajaran storytelling dengan gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAK di kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek. Oleh karena itu teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah teknik pembelajaran storytelling dengan gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek. Data didapatkan dari kegiatan observasi yang berlangsung selama proses pembelajaran di dalam kelas dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa memiliki motivasi belajar mencapai angka minimal yaitu 75% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil penelitian ini bahwa teknik pembelajaran storytelling dengan gambar efektif meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua berdasarkan empat indikator yaitu ketekunan, rasa senang, minat, dan semangat. Hasil observasi pada siklus II mencapai 81,81% yang telah melampaui angka minimum. Maka dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran storytelling dengan gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Storytelling, motivasi belajar, PTK.} }