@thesis{thesis, author={Suba Mersi}, title ={Penerapan Model Pembelajar Inquiri dengan Menggunakan Media Video Animasi dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V di SDN Negeri 150 Perindingan}, year={2023}, url={http://digilib-iakntoraja.ac.id/427/}, abstract={Inquiri adalah cara penyampaian mata pelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam proses mental dalam rangka penemuannya dan metode mengajar yang memberi kesempatan pada siswa untuk menemukkan sendiri pemecahan permasalahan atas dasar pemikiran dan pengamatannya. Media video pembelajaran yang dipilih juga harus mampu melibatkan mental siswa dalam proses belajar. Siswa yang terlibat secara intensif dengan media video dan materi pelajaran yang ada dalamnya akan belajar lebih mudah dan mampu mencapai kompetensi yang diinginkan. Animasi adalah suatu proses dalam dunia pendidikan berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penulis menerapkan secara langsung proses pembelajaran dengan menggunakan media video animasi dalam proses pembelajaran sambil melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas V di SDN 150 Perindingan berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Peningkatan pra siklus ke siklus I sebesar 6%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 24%. Kata kunci: pembelajaran inquiri; media video animasi; keaktifan siswa.} }