@thesis{thesis, author={Mule Krisdayanti Betri}, title ={Penerapan Strategi "Point Counter Point" (PCP) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PAK di UPT SDN 8 Makale}, year={2023}, url={http://digilib-iakntoraja.ac.id/647/}, abstract={Kondisi awal di UPT SDN 8 Makale ditemukan rendahnya keaktifan belajar siswa pada kategori cukup mencapai 35,4% dengan jumlah 23 siswa dengan indikator keberanian berpendapat, kerjasama, mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, dan bertanya dalam proses pembelajaran. Dengan penawaran strategi point counter point menerapkan startegi pointcounter point untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAK di UPT SDN 8 Makale.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan melakukan 4 tahap, yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan menggunakan lembar cheklis untuk mengamati dan mengetahui perkembangan keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan strategi point counter point dalam menyampaikan pendapat atau gagasan dalam diskusi kelompok, maka keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari pemecahan masalah, kerjasama kelompok, mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas dan berani menjawab dan bertanya dalam proses pembelajaran. Dimana awal pra-Siklus yang diperoleh 35,4%, pada siklus 1 mencapai 57,4% dalam kategori cukup, dan siklus 2 mencapai perolehan peningkatan 80,3% dalam kategori baik.} }