@thesis{thesis, author={Patuden Fani}, title ={Penerapan Ice Breaking dalam Metode Diskusi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar PAK Siswa Kelas X2 SMA Kristen Barana'}, year={2023}, url={http://digilib-iakntoraja.ac.id/88/}, abstract={Kejenuhan belajar merupakan sebuah masalah konkret yang tidak dapat dihindari oleh siswa. Oleh karena itu, guru perlu untuk mendesain metode pembelajaran yang membangun suasana kelas salah satunya dengan penerapan ice breaking dalam metode diskusi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu memilih kelas X2 SMA Kristen Barana? yang berjumlah 34 orang. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitiaan ini adalah penerapan ice breaking dalam metode diskusi untuk mengurangi kejenuhan belajar PAK siswa kelas X2 SMA Kristen Barana?. Hasil pada penelitian menunjukkan adanya keberhasilan untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa dengan penerapan ice breaking dalam metode diskusi yaitu pada prasiklus tingkat kejenuhan mencapai 79%, dan setelah diberi tindakan penerapan ice breaking dalam metode diskusi siklus I mencapai rata-rata skor keseluruhan 58%, siklus II mencapai 33%. Adapun yang menjadi metode penelitian untuk mengumpulkan data-data yang ditemukan dalam proses penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Kata Kunci : Kejenuhan Belajar, Metode Diskusi, PAK, Dan Ice Breaking} }