@thesis{thesis, author={Amir Razak AR}, title ={Gandrang Pa'balle Dalam Pesta Upacara Perkawinan di Daerah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan : Satu Tinjauan Etnomusikologis}, year={1998}, url={http://digilib.isi.ac.id/1034/}, abstract={Musik Gandrang Pa?balle adalah ensambel yang terdapat di daerah Kabupaten Gowa. Musik tersebut merupakan sarana upacara adat, khususnya dalam upacara perkawinan Ensambel musik Gandrang Pa?bal|e dalam penyajiannya, menggunakan tiga macam nama instrumen yakni: gandrang (gendang), puik-puik (serunai), dan dengkang (gong). Instrumen tersebut dirnainkan oleh pagandrang(pemain gendang), papuik-papuik: (pemain serunai) dan patunrung dengkang (pemain gong). Sesuai dengan penyajian musiknya yang telah dianalisa, Gandrang Pa?balIe termasuk permainan pola ritme yang kontras, bentuk penyajiannya tiga bagian yang diambil dari struktur dan nama tabuhannya yakni: 1) tunrung pa'baIIe (tabuhan pa?balle), 2) tunrung rua (tabuhan rua) dan 3) tunrung pakanjara (tabuhan pakanjara). Tabuhan tersebut, mutlak dan harus dilakukan secara urut dalam upacara adat. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan jajjakkang (sesaji) sebagai syarat yang diperlambang. Penyajian musik Gandrang Pa'balle di dalamnya terkandung nilai-nilai yakni: nilai sosial, nilai musikal, nilal spiritual, nilai moral dan nilai ekonomi. Nilai tersebut erat kaitannya dan berpengaruh terhadap penyelenggara upacara. Pokok permasalahan tersebut di atas di dalam penulisan skripsi ini akan dianalis dengan menggunakan metode deskriptif analisis musik, beberapa iandasan teori dan nara sumber sebagai acuan untuk mencari titik temu jawaban permasalahan ilmiah} }