@thesis{thesis, author={Nugroho Hendry Bhaskoro Rizky}, title ={Pembelajaran Alat Musik Bundengan Untuk Tingkat Dasar Bagi Siswa Kelas 8 Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Selomerto Wonosobo}, year={2021}, url={http://digilib.isi.ac.id/10342/}, abstract={Pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo merupakan pembelajaran alat musik bundengan untuk tingkatdasar. Pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 SelomertoWonosobo sangat efektif dalam upaya melestarikan alat musik bundengan dikota Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dalam pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri2 Selomerto Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatandeskriptif. Pengambilan sampel berfokus pada satu guru seni budaya dan dua siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yaitu reduksi data,data display dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam proses dan hasil pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo yaitu tahap perencanaan, tahap proses pembelajaran alat musik bundengan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo ditujukan untuk siswa kelas 8 dengan rentang usia 14-15 tahun. Pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo menggunakan kurikulum 13. Proses pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam yaitu perbedaan individu seperti tingkat kecerdasan, karakter dan minat siswa. Sedangkan faktor dari luar yaitu faktor guru, faktor orang tua dan faktor sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo dapat menciptakan pemain alat musik bundengan.} }