@thesis{thesis, author={Ricki Sandi Septian}, title ={Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pentingnya Pemeriksaan Gigi Secara Rutin Untuk Anak}, year={2013}, url={http://digilib.isi.ac.id/9971/}, abstract={Iklan layanan masyarakat "Pentingnya Pemeriksaan Gigi Secara Rutin Untuk Anak" adalah satu bentuk kampanye untuk mengedukasi dan menginformasikan penyakit gigi kepada masyarakat khususnya anak-anak. Penyakit gigi seperti caries atau gigi berlubang merupakan permasalahan yang sering ditemui pada anak-anak usia 5-10 tahun, kebanyakan orangtua mengganggap bahwa pemeriksaan gigi secara rutin tidak terlalu penting tetapi pada kenyataannya anak-anak cenderung bermasalah dengan kesehatan gigi. Solusi yang ditawarkan, adalah dengan merencanakan dan merancang suatu bentuk kampanye sosial berupa iklan layanan masyarakat "Pentingnya Pemeriksaan Gigi Secara Rutin untuk Anak" yang diaplikasikan menggunakan media-media ATL (Above The Line) yang ditempatkan pada jalan-jalan utama dan tempat umum kota Yogyakarta yang sering bersinggungan dengan aktivitas target audience, sehingga bersifat memorable. Kampanye difokuskan untuk menyasar target anak-anak berusia 5-10 tahun dan orang tua yang memiliki anak usia 5-10 tahun. Pelaksanaan kampanye tersebut direncanakan pada bulan Maret 2014. Poster merupakan media utama yang akan digunakan dalam perancangan ini, selain untuk memperingati Bulan Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Maret poster juga sebagai informasi tentang kesehatan gigi serta ajakan kepada anak agar mau periksa gigi. Media utama merupakan outdoor advertising, yaitu Poster dan Billboard dalam perancangan ? ILM tentang "Pentingnya Pemeriksaan Gigi Secara Rutin untuk Anak" dirancang sebagai teaser dan hanya memuat informasi utama (Headline dan Sub headline). Untuk mendapatkan kelengkapan informasi dan edukasi dari kampanye tersebut, disediakan media pendukung yang sering bersinggungan dengan target audience yaitu Majalah Kesehatan, yang mampu memuat seluruh materi informasi secara lengkap berbentuk artikel tentang kampanye dan juga memuat iklan kampanye tersebut. Media terakhir adalah media pendukung yang bersifat collectable yaitu merchandise. Fungsinya adalah untuk mengingatkan target audience akan keberadaan kampanye "Pentingnya Pemeriksaan Gigi Secara Rutin untuk Anak" hingga sesudah masa-masa kampanye menggunakan media ATL berakhir. Merchandise memaksimalkan tujuan kampanye sampai waktu yang tidak ditentukan (hingga tidak digunakan lagi). Karena sifatnya yang limited sehingga menggoda target audience untuk mengoleksinya.} }