@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPAN Q LEARNING PADA APLIKASI BOARD-GAME}, year={0000}, url={https://digilib.itb.ac.id/gdl/view/9722}, abstract={Q learning adalah sebuah algoritma yang merupakan bagian dari bidang ilmu pembelajaran mesin. Pada tugas akhir ini dicoba untuk menerapkan Q learning agar komputer dapat mempelajari board-game. Analisis mengenai karakteristik Q learning terkait dengan board-game dibahas terlebih dahulu, termasuk di dalamnya pemberian nilai, pemilihan aksi, dan penghitungan nilai ??. Kemudian, dibuat sebuah aplikasi yang memfasilitasi pelaksanaan pelatihan komputer dan permainan antara komputer dan manusia. Dari pengujian aplikasi yang dihasilkan, didapatkan bahwa Q learning dapat diterapkan untuk mempelajari board-game tic-tac-toe. Namun, hasil pembelajarannya belum optimal. Beberapa hal yang patut diperhatikan menyangkut hal tersebut adalah aktivitas eksplorasi-eksploitasi selama proses pembelajan, pemberian nilai, dan cara memandang susunan papan permainan. } }