@thesis{thesis, author={ }, title ={ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR SAYAP PESAWAT WISE-8 MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (MSC.NASTRAN/PATRAN 2005)}, year={0000}, url={https://digilib.itb.ac.id/gdl/view/9886}, abstract={WISE-8 (Wing in Surface Effect) merupakan jenis pesawat yang dikembangkan oleh BPPT dan LPPM-ITB. Pesawat ini bertujuan melakukan misi penerbangan antar pulau dengan ketinggian terbang 3 meter dari permukaan laut. Kapasitas yang dapat di angkut pesawat ini adalah 6 penumpang dengan 2 crew. WISE-8 merupakan jenis pesawat yang dapat mendarat di atas permukaan air. Komposit adalah material yang banyak digunakan pada struktur pesawat WISE-8 dengan tujuan pesawat lebih ringan dibandingkan dengan penggunaan material lain. Bahan komposit yang dipakai Glass-Epoxy, Swedish Plywood, dan Polyurethena Foam. Pada struktur skin memakai konfigurasi material berupa Glass-Epoxy (0,3mm) dan Polyurethane Foam (3 mm). Pada struktur spar memakai berupa lapisan material Glass-Epoxy dan Swedish Plywood. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan modulus, ketebalan, dan jumlah lapisan glass-epoxy terhadap MaxStress & MaxShear pada tiap-tiap konfigurasi. Analisis kekuatan statik dilakukan pada struktur sayap dengan menggunakan finite element method (Software Patran 2005). Data properties Glass-Epoxy lama dengan data hasil pengujian terbaru sebagai data pembanding. Perubahan ketebalan material juga sebagai data masukkan diharapkan nantinya material lebih ringan dan struktur sayap tetap safe. Hasil yang diperoleh menunjukan konfigurasi SPg5_SPp4.5 memiliki berat struktur sayap lebih ringan dan struktur tetap dalam kondisi aman.} }