@thesis{thesis, author={DESSY RIYANTI PUTRI NIM. 08480042}, title ={UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV A MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012}, year={2012}, url={https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10182/}, abstract={DESSY RIYANI PUTRI. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV A Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di MI Ma?arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV A MI Ma?arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta masih rendah yang disebabkan guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan fasilitas alat peraga matematika yang jumlahnya terbatas. Hal ini membuat siswa menjadi kurang berpartisipasi dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV A MI Ma?arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta. Penelitian yang bersifat kualitatif ini memilih lokasi penelitian di MI Ma?arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A MI Ma?arif Bego Maguwoharjo Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah antara lain reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penelitian pra tindakan sebelum diterapkan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas IV A tingkat keaktifan siswa masih rendah yaitu 45 %. (2) penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV A keaktifan siswa mengalami peningkatan. (3) setelah penerapan strategi pembelakaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), keaktifan siswa, pada kegiatan pra tindakan adalah 45 %, pada siklus I mencapai 65,4 %, dan pada siklus II mencapai 78 %. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 33 % dari kegiatan pra tindakan hingga siklus II.} }