@thesis{thesis, author={KHASWANDI NIM. 10680049}, title ={PENGEMBANGAN NOVEL BIOLOGI BERBASIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA}, year={2015}, url={https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19920/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan novel biologi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ekosistem untuk siswa kelas X SMA/MA. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan novel biologi yang dikembangkan sebagai sumber belajar biologi untuk siswa kelas X SMA/MA. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate), tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Lembar penilaian berupa angket check list dengan disertai lembar wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, selanjutnya dikonversi berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal dan skala persentase penilaian produk. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya novel biologi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ekosistem untuk siswa kelas X SMA/MA dengan kualitas hasil penilaian Sangat Baik (SB) oleh ahli media (97,5%) dan peer reviewer (84,62%), serta penilaian Baik (B) oleh ahli materi (80%), ahli sastra (72,5%), guru biologi (70,59%), dan respon siswa (79,47%). Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel biologi meliputi religius, jujur, toleransi, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, senang membaca, peduli sosial, serta peduli lingkungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa novel biologi berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ekosistem yang dikembangkan dengan model 4-D layak digunakan sebagai sumber belajar biologi untuk siswa kelas X SMA/MA.} }