@thesis{thesis, author={Ummah Ro’fatul}, title ={POLA PARENTING DI PESANTREN DALAM MEMBENTUK PERILAKU POSITIF REMAJA SANTRI : STUDI POLA KEPENGASUHAN DI PONDOK PESANTREN LANGITAN WIDANG TUBAN}, year={2016}, url={http://digilib.uinsa.ac.id/5445/}, abstract={Pola Parenting adalah cara atau model yang digunakan oleh Parent (pengasuh) dalam mendidik, dan membina anak dalam bentuk perlakuan fisik maupun psikis yang tercermin dalam tutur kata, sikap, perilaku dan tindakan yang diberikan. Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang ikut andil dalam mendidik dan membina santri agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Sedangkan Perilaku positif adalah tindakan-tindakan baik yang sesuai dengan norma, nilai dan peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola parenting yang diterapkan di pesantren Langitan widang Tuban dalam membentuk perilaku positif remaja santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, yakni menggambarkan pola parenting di pesantren dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan etnografi untuk memaparkan keunikan dan kompleksitas pola parenting (kepengasuhan) pondok pesantren Langitan Widang Tuban. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pola parenting yang paling dominan dalam membentuk perilaku positif remaja santri di Pesanten Langitan adalah pola parenting dengan metode nasehat, keteladanan (direct dan indiect), dan pengganjaran meliputi penghargaan dan hukuman yang sesuai dengan konsep pola kepengasuhan Ki Hajar Dewantara, yaitu, ?ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani? yang berarti di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan. Pola parenting tersebut cukup berhasil dalam membentuk perilaku positif santri remaja meliputi perilaku ibadah, perilaku belajar, perilaku kesantunan, perilaku Interpersonal skill, dan perilaku pemenuhan kebutuhan seksual. Kata Kunci: Pola Parenting, Pesantren, dan Perilaku Positif} }