@thesis{thesis, author={Muttaqin Achmad Zahrul}, title ={تطوير مواد التعليم في كتاب اللغة العربية للصف السابع على أساس المدخل السياقي لترقية مهارة الكتابة بمدرسة السكينة المتوسطة الإسلامية سيدوا}, year={2022}, url={http://digilib.uinsa.ac.id/58167/}, abstract={Pembelajaran bahasa arab terdapat beberapa pendekatan yang sangat penting diantaranya yaitu Pendekatan kontekstual yang terintegrasi secara tepat didalam bahan ajar bahasa arab. Pendekatan ini harus terdapat dalam setiap bahan ajar namun dalam kenyataanya masih terdapat banyak bahan ajar bahasa arab yang belum memenuhi kriteria tersebut, termasuk bahan ajar bahasa arab yang digunakan oleh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam As Sakinah Sidoarjo. berangkat dari hal ini peneliti melakukan pengembangan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengembangkan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. 2. Mengetahui efektifitas pengembangan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reserch and devolopment (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE yaitu: 1.Analysis 2.Dessain 3.Devolop 4.Implementation 5.Evaluation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif kan kuantitatif (mixed method). Adapun hasil dari penelitian ini bahwasanya hasil nilai siswa setelah penegembangan bahan ajar lebih besar daripada sebelumnya. Hal ini didasarkan pada hasil nilai pretest 64,3% dan nilai postest 70%, dan hasil t-tes 11,51 lebih besar t-tabel 2,04. Hal ini juga diperkuat dengan hasil angket dan wawancara, sehingga menunjukkan pengembangan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan Kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam As Sakinah Sidoarjo adalah efektif.} }