@thesis{thesis, author={Yunita Rifi'}, title ={Analisis epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif}, year={2021}, url={http://digilib.uinsa.ac.id/58511/}, abstract={Proses kognisi ketika individu menghadapi masalah terdiri dari tiga level yaitu kognisi, metakognisi, dan epistemic cognition. Epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dipengaruhi oleh gaya kognitif. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik kelas VIII-E MTsN Megaluh Jombang. Subjek terdiri dari 1 peserta didik dengan gaya kognitif reflektif dan 1 peserta didik dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes MFFT (Matching iFamiliar iFigure iTest), tes pemecahan masalah dan wawancara. Soal pemecahan masalah dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan dari analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Epistemic cognition peserta didik dengan gaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah matematika termasuk dalam level dominan rasional. (2) Epistemic cognition peserta didik dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah matematika termasuk dalam level dominan rasional.} }