@thesis{thesis, author={Rosyidin Ikmalur}, title ={Pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap capaian kompetensi lulusan peserta didik kelas 12 di Madrasah Aliyah Al Asyhar Kabupaten Gresik}, year={2022}, url={http://digilib.uinsa.ac.id/58602/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Capaian Kompetensi Lulusan Peserta Didik Kelas 12 Di Madrasah Aliyah Al Asyhar Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel, yaitu implementasi kurikulum 2013 sebagai variable x dan capaian kompetensi lulusan peserta didik kelas 12 sebagai variabel y. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al Asyhar Kabupaten Gresik dengan responden berjumlah 45 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah melalui angket yang dibagikan kepada seluruh responden. Untuk memperkuat hasil angket yang telah dibagikan, peneliti juga melakukan wawancara dan dokumentasi. Kemudian, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk setiap butir item dalam angket. Uji validitas yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rumus Product Moment sedangkan untuk uji reliabilitas digunakan rumus Croncbanch?s Alpha. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana, dimana dalam analisis tersebut terdapat uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Dalam penelitian ini untuk melakukan uji normalitas dan uji linearitas menggunakan bantuan software SPSS IBM 21. Setelah dilakukan analisis, ditemukan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap capaian kompetensi lulusan peserta didik kelas 12 sebesar 40.9%. Melalui uji regresi linear sederhana didapat persamaan rumus y = 12,614 + 0,705x sehingga apabila terdapat kenaikan pada variable implementasi kurikulum 2013 akan menyebabkan naiknya variabel capaian kompetensi lulusan peserta didik kelas 12. hal itu juga berlaku untuk sebaliknya, dimana jika implementasi kurikulum 2013 menurun juga akan menyebabkan menurunnya variabel capaian kompetensi lulusan peserta didik kelas 12.} }